Artikel

SMAN 1 KARAS, MENUJU SEKOLAH DOUBLE TRACK DI JAWA TIMUR

Crew Jurnalistik SMAN 1 Karas

      SMA double track adalah sekolah tingkat SMA yang membekali para siswanya untuk mendapat keahlian kerja layaknya SMK yang berstandard BNSP. Jadi nantinya para lulusan SMA double tracktidak hanya memiliki bekal keilmuan yang cukup untuk masuk perguruan tinggi, namun juga akan mendapat keahlian kerja yang terstandarisasi BNSP sehingga diharapkan para lulusannya akan berkualitas dan berkompeten untuk siap kuliah dan siap kerja.Saat ini SMAN 1 Karas berupaya untuk menuju sekolahdouble track.

Mengapa demikian?

SMAN 1 Karas telah memenuhi standar layaknya sekolah double track. SMAN 1 Karas sejak tiga tahun lalu telah menjalin kerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) di bidang PRODISTIK. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membekali lulusan dengan keahlian dibidang teknologi Informatika.

Terobosan lain yang telah dilakukan oleh SMAN 1 Karas dalam membekali lulusannya dengan keahlian adalah dengan menjalin kerja sama dengan jurusan PKK, Fakultas Teknik, Universitas Surabaya (UNESA). Khususnya di bidang Tata Busana dan Tata Rias tahun 2016. Bekal keterampilan yang diberikan tersebut dilatarbelakangi keadaan ekonomi orang tua siswa yang tergolong rendah sehingga tidak mampu untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (Perguruan Tinggi ), padahal banyak lulusannya lebih cenderung untuk mencari pekerjaan. Hal inilah yang mendorong SMAN 1 Karas untuk terus melakukan terobosan membekali siswanya dengan keahlian kerja.

Diharapkan dengan program sekolah double track ini, SMAN 1 Karas menjadi sekolah jujugan siswa- siswa sekitar. Sekolah jujugan karena ingin masuk perguruan tinggi favorit, sekolah jujugan karena ingin memiliki keahlian yang terstandarisasi sehingga siap masuk dunia kerja