Direktori Siswa

BELAJAR BERDEMOKRASI DI PEMILU ASA SMAN 1 KARAS

ATHIK ROISANA

                Dalam upayanya mencerdaskan kehidupan bangsa dan melatih jiwa demokratis khususnya bagi para siswanya, SMAN 1 Karas tanggal 17 Februari 2018 menyelenggarakan pemilu untuk memilih siswa- siswi terbaik yang berhak memperoleh Anugerah SMAGAS Awards atau biasa disebut ASA.

“ASA ini sebenarnya adalah bentuk penghargaan SMAN 1 Karas kepada putra putri kelas XII terbaik yang dipilih melalui pemilihan umum oleh seluruh siswa SMAGAS mulai dari kelas X sampai kelas XII”, tutur Samsul Hidayat, selaku wa ka kesiswaan SMAN 1 Karas.

Ada empat kategori dalam ASA ini, yakni bidang akademik, bidang olah raga, seni, dan kepemimpinan. Dari keempat kategori tersebut terdapat masing- masing tiga nominator dari kelas XII terbaik yang telah menorehkan prestasi pada empat bidang tersebut.

“Pemilihan nominatornya berdasarkan perolehan prestasi yang didapat oleh masing- masing siswa kelas XII yang dikoordinasi oleh OSIS SMAN 1 Karas,” ujar Endri Purnoowowati, S.Pd selaku pembina OSIS SMAN 1 Karas.

Layaknya pemilukada, pemilu ASA ini juga menggunakan azaz luberjurdil, yakni langsung, umum, bebas, dan rahasia. Para siswa melakukan pendaftaran, mendapatkan kertas suara, masuk ke bilik untuk memilih salah satu kandidat sesuai hati nurani, memasukkan ke kotak suara, dan mencelupkan jari ke tinta untuk menunjukkan bahwa siswa tersebut telah melakukan hak pilihnya.

“Pemilu ASA ini sangat bagus untuk melatih hidup berdemokrasi, bahwa kita berhak memilih sesuai pilihan kita. Bagi yang terpilih itu merupakan penghargaan buat dia karena telah mengharumkan nama SMAGAS di tingkat kabupaten, propinsi, bahkan nasional. Bagi yang tidak terpilih pun harus bisa legowo menerima apapun keputusan akhirnya”. Demikian tutur Azzua, siswa kelas X MIPA 1 yang juga anggota OSIS SMAGAS.

Menurut Azzua, harapan ke depan pemilu ASA ini, semoga bisa memberi motivasi bagi nominator ASA untuk lebih berjuang menggapai kesuksesan setelah lulus dari SMAGAS. Selain itu pemilu ASA semoga juga memberi motivasi bagi siswa kelas X dan XI untuk lebih berprestasi mengharumkan nama SMAGAS di tingkat kabupaten, propinsi, dan nasional.